June 28, 2022
5 Cara Mengatasi Kecanduan Media Sosial

5 Cara Mengatasi Kecanduan Media Sosial

Dampak kecanduan memang akan mengganggu kehidupan, sehingga perlu dibatasi dan disembuhkan dengan beberapa aktivitas. Saat ini, kecanduan tidak hanya akibat alkohol, seks, rokok, dan obat-obatan saja. Tetapi, media sosial juga mengakibatkan kecanduan dan mempengaruhi aktivitas kehidupan sehari-hari. 

Hal ini apabila Anda diamkan dan tidak ada penyelesaian, maka akan menjadi permasalahan kemudian harinya. Ada banyak persoalan yang muncul, mulai tidak percaya diri, hidup penuh perbandingan dengan orang lain, dan munculnya gejala depresi. Oleh karena itu, kecanduan media sosial harus segera diatasi. Berikut ini beberapa cara mengatasinya, mari kita bahas. 

Mengatasi Kecanduan Media Sosial

  • Fokus Orang Sekitar 

Untuk menghindari penggunaan media sosial yang berlebihan bisa Anda atasi dengan beberapa tindakan sederhana. Pada tahap ini bisa Anda lakukan dengan lebih fokus pada orang sekitar Anda tinggal. Ada banyak aspek yang bisa Anda lakukan dengan bertemu teman atau menghabiskan waktu dengan keluarga. 

Pastikan smartphone Anda tidak berada pada tempat yang mudah dijangkau atau langsung simpan dan sembunyikan saja. Kehadiran Anda memang penting, tetapi energi positif yang muncul dari kegiatan yang ringan akan membuat suasana akan jauh lebih bahagia dan terhindar dari gangguan media sosial. 

Sisi lainnya, jika Anda fokus pada orang sekitar akan membuat Anda akan lebih asyik ngobrol dan suasana yang jauh lebih terbangun. Bagian ini harus benar-benar bisa Anda pahami, karena suasana ngobrol dan salah satu asyik bermain gadget akan merusak keadaan. 

Apabila Anda ingin terhindar dari permasalahan kecanduan, pastikan Anda tidak menggunakan smartphone saat hendak berbicara dengan orang sekitar. 

  • Hindari Notifikasi atau Pemberitahuan 

Cara paling tepat dan praktis untuk Anda lakukan adalah menghindari memberikan notifikasi pada smartphone Anda tersebut. Terutama pada media sosial, karena apabila ada notifikasi membuat Anda ingin atau tertarik untuk melihatnya. Kondisi ini benar-benar harus Anda lakukan agar tidak mudah terdistraksi. 

Bahkan, tidak ada pemberitahuan pada smartphone membuat Anda akan jauh lebih fokus pada tugas atau kegiatan lainnya. Selain itu, intensitas untuk membuka hp akan jauh lebih berkurang, karena tidak ada gangguan. Untuk itu, apabila Anda ingin terhindar dari kecanduan media sosial, hindari memberikan notifikasi. 

5 Cara Mengatasi Kecanduan Media Sosial

  • Menghapus Akun yang Tidak Digunakan 

Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk terhindar dari kecanduan media sosial secara berlebihan bisa melakukannya dengan menghapus akun media sosialnya tersebut. Bagian ini akan sangat penting untuk ANda lakukan dan ada banyak riset tindakan itu jauh lebih efektif dan dapat mencegah kecanduan. 

Pernyataan ini juga didukung oleh Marie Potter (Marketing Director for Professional Organizer) mengatakan tindakan paling tepat dengan menghapus media sosial dari perangkat handphone Anda tersebut dan memilih akun yang tidak begitu penting. Apabila kondisi kecanduan masih ada, rasanya tidak ada salahnya untuk dihapus. 

Awal percobaan akan terasa sulit dan hampa, namun jika Anda mengisi dengan beberapa kegiatan yang bermanfaat membuat semuanya akan jauh lebih mudah dan tidak begitu bergantungan. 

  • Mencari Aktivitas Luar 

Menghabiskan waktu dengan media sosial membuat Anda akan lebih sulit untuk bersosialisasi secara nyata, karena terlalu fokus hanya satu bidang saja dan membuat keadaan memburuk setiap harinya. Keadaan ini memang harus Anda sadari dan antisipasi dengan mencari aktivitas luar. 

Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan, mulai dari melakukan sosialisasi di kehidupan nyata dibandingkan menggunakan media sosial. Bertemu secara langsung akan mampu mengisi energi dalam hidup Anda yang tidak didapatkan menggunakan smartphone, sehingga membantu diri Anda akan jauh lebih sehat secara psikis. 

Apabila terlalu banyak Anda habiskan menggunakan media sosial, membuat diri Anda akan lebih mudah untuk depresi, kurang kepercayaan, dan melihat perbandingan yang tidak baik untuk kesehatan mental dari pengguna lainnya. Jika sudah mencapai pada titik tersebut, mulai harus mencari aktivitas luas dan bersosialisasi pada komunitas yang ada. 

  • Menggunakan Secara Bijak dan Ada Batasan 

Media sosial terkadang menjadi bagian penting untuk Anda perhatikan dan gunakan, bukan berarti Anda tidak boleh sama sekali memanfaatkannya. Namun, jangan sampai Anda berlebihan dan mengganggu kegiatan lainnya. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakannya secara bijak dan tetap ada batasannya. 

Bila Anda bisa memanfaatkan secara bijak, maka semuanya akan jauh lebih nyaman dan membuat Anda akan jauh lebih tenang. Waktu yang tepat dan tidak berlebihan memberikan Anda ruang untuk tidak selamanya terfokus pada medsos saja. Untuk itulah, pahami semuanya dengan jelas dan jangan sampai Anda terjebak. 

Media sosial memang hadir untuk memberikan hiburan dalam kehidupan, tapi jangan sampai Anda terjebak dan kecanduan. Pastikan Anda memberikan waktu yang bijak dan tidak berlebihan, apabila sampai kecanduan akan membuat Anda mengalami berbagai persoalan dan harus segera dibatasi.