February 7, 2023

5 Tips Penting Hadapi Life Crisis Quarter

Quarter Life Crisis adalah masa atau momen di mana kamu merasa bingung serta memiliki kekhawatiran berlebih mengenai masa depan. Biasanya yang mengalami krisis seperempat abad ini adalah mereka yang memasuki usia dewasa antara umur 20-30 tahun.

Quarter Life Crisis sebenarnya adalah hal yang wajar, sebab saat kamu mengalami krisis ini itu berarti kamu memasuki masa transisi menuju ke kehidupan yang sebenarnya. Hanya saja terkadang Quarter Life Crisis ini tidak banyak yang menyadarinya.

Tanda yang muncul ketika mengalami Quarter Life Crisis

Mereka yang saat ini ada di dalam fase Quarter Life Crisis atau krisis seperempat abad biasanya tidak sadar jika berada pada momen tersebut. Mungkin saat ini kamu juga sebenarnya sedang ada di dalam fase tersebut.

Jika kamu tidak menyadarinya maka sebaiknya kamu berhenti sejenak untuk lebih mendengarkan hatimu. Biasanya ini adalah hal yang paling disarankan bagi kamu yang memang ingin mengetahuinya.

Biasanya krisis ini mulai terjadi saat kamu sadar, jika kehidupan yang tengah dijalani tidaklah sesuai dengan rencana yang dibuat atau tidak seperti yang dibayangkan. Kemudian hal lain yang kerap dirasakan adalah munculnya berbagai rasa atau emosi, karena kamu merasa “kok begini”.

Berikut di bawah ini adalah beberapa tanda yang mungkin sebenarnya sudah mulai muncul tetapi kamu tidak pernah menyadarinya :

  • Kamu kerap merasa gelisah tiap kali ada seseorang yang hidupnya jauh lebih baik dari dirimu.
  • Kamu kerap merasa bila setiap pencapaian yang hingga saat ini kamu peroleh, belum berarti di dalam hidupmu.
  • Kamu kerap merasa frustasi, karena tidak tahu harus melakukan apa di dalam kehidupan.
  • Kamu kerap mempertanyakan, apa saja yang harus kamu lakukan supaya bisa hidup dengan nyaman.
  • Kamu juga kerap merasa bahwa tidak bersemangat serta sulit untuk mengambil keputusan di dalam kehidupan.

Nah, itulah tadi tanda-tanda yang bisa kamu renungi apakah dirimu memasuki masa krisis seperempat abad ini atau tidak. Bahkan banyak yang menyarankan, jika kamu penasaran. Tidak ada salahnya untuk menonton satu film di mana menceritakan tentang seorang Frances Ha, dimana ia merupakan seseorang yang sedang mengalami krisis seperempat abad.

Tips penting bagi kamu yang saat ini menghadapi Quater Life Crisis

Walaupun telah ada begitu banyak pengertian tentang krisis seperempat abad namun nyatanya Masih banyak orang yang bingung bagaimana cara menghadapinya. Nah, berikut di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan apabila kamu berada di dalam fase tersebut :

  • Fokus pada diri sendiri, jangan pernah membandingkan dirimu dengan orang lain

Tips pertama dan paling penting yang harus kamu lakukan ketika memasuki masa Life Crisis Quarter adalah dengan fokus kepada dirimu sendiri dan jangan pernah membandingkan kehidupanmu dengan orang lain. Sebab setiap individu yang ada di dunia ini mempunyai jalan kehidupannya masing-masing.

Karena itu daripada kamu membandingkan dirimu dengan orang lain ada baiknya untuk fokus mengembangkan diri sendiri, fokus menikmati hidupmu sendiri dan lakukan apapun yang ingin kamu lakukan.

  • Keluar dari comfort zone dan mencoba hal yang baru

Tips berikutnya untuk bisa menghadapi krisis seperempat abad adalah keluar dari comfort zone kamu saat ini, carilah pengalaman baru yang bisa kamu coba. Tidak ada salahnya bagimu untuk mencoba tantangan baru yang sebelumnya tidak pernah kamu bayangkan.

Misalnya jika selama ini kamu lebih suka bekerja sendiri, maka kamu dapat mencoba mencari pekerjaan yang mengharuskan kamu bekerja sama dengan beberapa orang. Hal ini juga akan membantu kamu belajar untuk lebih menggali potensi diri.

  • Standar kehidupanmu dan orang lain itu berbeda

Ingatlah jika standar kehidupan yang dimiliki oleh masing-masing individu, termasuk kamu tidaklah sama. Jadi ada baiknya kamu tidak mengikuti standar kehidupan milik orang lain, sebab belum tentu kamu dapat menyamainya.

  • Nikmati saja proses hidupmu

Membicarakan tentang fase Life Crisis, memang terkadang baru disadari setelah fase tersebut berlalu. Beruntung jika kamu bisa mendapatkan hikmah dari masa tersebut. Karena kebanyakan orang justru menyesal ketika mereka mengambil keputusan yang tidak tepat untuk kehidupannya.

Tetapi di saat kamu memasuki fase tersebut dan bisa melewatinya dengan baik. Tentunya hal ini harus disyukuri, nikmati saja perjalanan hidupmu tanpa harus mengingat kembali hal-hal buruk yang mungkin pernah terjadi.

  • Carilah teman untuk bercerita

Jika kamu memiliki rasa khawatir yang berlebih tentu hal ini akan membuatmu tidak nyaman. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk mencari seseorang yang bisa diajak bertukar pikiran. Tetapi pastikan jika orang ini memang bisa kamu percaya dan tidak akan menceritakan apapun kepada orang lain.

Selain kelima tips di atas kamu juga harus menjadi seseorang yang mencintai dirimu sendiri. Karena apabila kamu tidak mencintai diri sendiri, maka hal yang kerap terjadi adalah kamu menjadi kesulitan untuk bangkit ketika mengalami kegagalan.

Kamu harus ingat bahwa mencintai dirimu merupakan keharusan, selalu prioritaskan diri sendiri, di atas kepentingan orang lain. Karena itu kenali dirimu supaya kamu bisa menghargai juga mencintai diri sendiri.