October 3, 2022
7 Pilihan Healing untuk Pekerja Kantoran yang Terkena Burnout

7 Pilihan Healing untuk Pekerja Kantoran yang Terkena Burnout

Ketika pekerjaan semakin menumpuk di masa pandemi ini, burnout atau keadaan stres berat sebab pekerjaan dapat muncul. Dampaknya, performa kerja menjadi tidak maksimal dan bisa mempengaruhi prestasi kerja dan kinerja dari perusahaan. 

“Burnout kerap kali menjadi masalah untuk pegawai ketika sedang melakukan aktivitas pekerjaan. Keadaan yang dialami bisanya seperti mudah merasa lelah, kurang motivasi, frustasi, dan stres berat,” ungkap Prita Yulia Maharani sebagai psikolog, dikutip dari CNNIndonesia.com, Selasa (25/5/22). 

Nah, untuk pekerja kantoran yang terkena burnout, tidak perlu khawatir sebab Anda bisa melakukan beberapa cara untuk self healing untuk mengusir stres seperti di bawah ini. Yuk, simak ulasannya berikut. 

Menerima diri sendiri atau self acceptance 

Hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu berusaha untuk bisa menerima diri sendiri dengan seluruh kekurangan yang ada di dalam diri Anda. Jangan mencoba untuk menyangkal semua hal tentang Anda dan berusahalah untuk merangkul diri Anda, sebab jika Anda sendiri tidak sanggup menerima diri sendiri, maka orang lain juga tidak sanggup menerima Anda. 

Maafkan diri Anda 

Salah satu cara self healing agar bisa berdamai dengan keadaan yakni memaafkan. Maafkanlah diri Anda lebih dulu supaya Anda dapat menyembuhkan seluruh luka yang telah dialami. Apa yang sudah terjadi bukan kesalahan dan keinginan Anda. 

Sebab takdir sudah membawa Anda pada keadaan yang menyebabkan luka panjang tersebut. Sehingga berhentilah untuk menyalahkan diri Anda atas seluruh hal yang sudah terjadi. 

Refreshing 

Pergilah keluar rumah walaupun hanya untuk berjalan-jalan dan mencari beberapa hal baru di hidup, hal tersebut dapat menjadi cara self healing untuk berdamai dengan keadaan. Disana, Anda bisa menemukan berbagai pengalaman baru yang bisa jadi dapat memberikan Anda pelajaran berharga dan dapat menambah rasa syukur di dalam diri. 

Kemungkinan luka yang Anda alami dan terus terpendam disebabkan oleh Anda yang lupa caranya bersyukur atas apa yang sudah Anda lewati selama ini. Rasa syukur di dalam diri Anda bisa menjadi obat agar hidup Anda bisa jauh lebih tenang seperti sebelumnya. 

7 Pilihan Healing untuk Pekerja Kantoran yang Terkena Burnout

Olahraga 

Berolahraga secara rutin bisa membuat pikiran Anda menjadi lebih bahagia dan segar. Dengan berolahraga juga Anda bisa melepaskan seluruh penat dan kekacauan yang ada di hati Anda karena luka yang terus Anda pendam. 

Meskipun hal ini terlihat sederhana, tetapi olahraga di yakini bisa membantu diri Anda menjadi lebih baik, bahkan olahraga juga menjadi cara alternatif untuk melakukan self healing demi ketenangan batin Anda. 

Ketika memulainya, tidak perlu melakukannya selama berjam-jam, cukup 30 menit saja. Asalkan Anda melakukannya secara rutin dan konsisten. Cobalah rasakan perbedaannya di dalam diri setelah sebulan rutin berolahraga. 

Tidur dengan cukup 

Anda harus langsung beristirahat jika sudah memasuki jam tidur dan bangunlah pada pagi hari. Jangan membuang waktu Anda untuk hal yang sia-sia yang hanya akan menambahkan luka. Cobalah lakukan kebiasaan ini, maka hidup Anda pastinya berubah jauh lebih baik dibandingkan sebelum nya. 

Biasanya kebanyakan akan bermain gadget sebelum tidur, membuka sosial media dan lainnya hanya bisa membuat Anda lebih overthinking. Untuk itu, ada baiknya Anda matikan smartphone dan langsung bergegas tidur, sehingga saat pagi tiba, Anda bangun dengan segar sehingga mood untuk bekerja masih dalam keadaan baik. 

Ambil hikmah dari luka yang dialami 

Perlu Anda ketahui jika tidak ada satu hal pun yang ada di bumi ini datang dengan sia-sia. Tentu saja terdapat pelajaran di dalamnya yang Anda belum ketahui. Cobalah untuk berpikir secara dewasa supaya Anda bisa mengambil pelajaran dibalik semua luka yang Anda rasakan. 

Luka yang sangat menyakitkan pun masih memiliki hikmah yang bisa Anda ambil jika Anda bisa berpikir secara dewasa. Lalu, hindari juga overthinking yang berlebihan sebab memikirkan hal-hal yang tidak berguna hanya akan menambah beban Anda saja. 

Terus maju untuk berkembang 

Mengakui, memaafkan dan mengikhlaskan semua luka yang Anda alami meskipun perlahan-lahan. Tidak masalah, Anda hanya memerlukan waktu untuk bisa menjalani hal tersebut. Yang terpenting yaitu tetap tumbuh dan jangan takut untuk gagal untuk memperjuangkan cita-cita yang ingin diwujudkan. Jadikan luka tersebut sebagai cambukan guna menciptakan kebahagiaan di hari esok. 

Lakukanlah semua hal yang Anda bisa dan terus bersemangat saat melakukan berbagai pekerjaan, saat burnout kembali muncul, maka itu menjadi pertanda untuk Anda beristirahat sebentar dari hiruk pikuk pekerjaan yang memusingkan. 

Nah, itulah beberapa pilihan healing yang bisa dilakukan oleh para pekerja kantoran yang sedang merasakan burnout. Semoga permasalahan tersebut bisa Anda atasi dan kembali bekerja dan mengejar cita-cita dengan semangat!