June 28, 2022
gaya hidup sehat

Aplikasi Pendukung Gaya Hidup Sehatmu!

Di masa seperti sekarang ini, sehat memang menjadi investasi yang sulit diperhatikan dan dijaga. Apalagi pandemi Covid-19 yang tinggal menghitung hari sudah genap berusia 2 tahun, serta semakin menunjukkan eksistensinya pada mutasi omicron kali ini.

Kita perlu membuat rencana agar tubuh selalu fit, misalnya dengan menerapkan gaya hidup sehat. Tentunya gaya hidup ini bukan hanya berorientasi pada makan buah, sayur, olahraga rutin, dan lain sebagainya. Kita perlu sehat secara mental supaya kesehatan tubuh kita dapat utuh. Karena tidak bisa dipungkiri, kesehatan mental ternyata juga berpengaruh pada kesehatan fisik.

Memang bukan perkara mudah untuk dibiasakan di kehidupan sehari-hari, tapi juga tidak mungkin untuk dilakukan bukan? Zaman yang semakin canggih, kita bisa memanfaatkan smartphone untuk menjadi alarm bila sedang malas menerapkan gaya hidup sehat ini.

Memang dibutuhkan komitmen dari dalam diri kita untuk sukses menjalani gaya hidup sehat. Untuk itu nggak ada salahnya, jika kita mendownload aplikasi yang memiliki fitur kontrol kesehatan di dalamnya.

Apa saja sih aplikasi yang mendukung untuk program gaya hidup sehat ini, berikut ulasannya untuk kamu!

gaya hidup sehat

1. Sworkit

Ada istilah lima menit olahraga justru lebih baik, daripada tidak sama sekali. Dan istilah ini yang ditanamkan pada aplikasi Sworkit. Aplikasi ini memiliki fitur olahraga yang di dalamnya terdapat 160 latihan fisik. Gerakannya pun akan dipandu langsung oleh tutor yang profesional.

Cara untuk menggunakan aplikasi ini cukup mudah. Pertama kamu bisa memilih latihan yang sesuai keinginanmu, misalnya ingin membentuk tubuh di bagian tertentu. Lalu atur durasi waktu yang sesuai dengan jadwal harian mu. Penggunaan aplikasi ini, memungkinkan kita untuk tidak absen dalam berolahraga setiap harinya.

2. Couch To 5K

Aplikasi yang satu ini lebih fokus pada latihan olahraga tertentu, yaitu lari. Untuk kamu yang belum bisa membiasakan diri dalam berlari, aplikasi ini akan membantu dengan rencana yang mudah serta fleksibel bila dilakukan.

Couch To 5K membantu menerapkan rencana latihan lari secara bertahap dengan jangka waktu sembilan minggu, guna mempersiapkan tubuhmu untuk berlari dengan jarak yang lebih jauh, yaitu 5 kilometer. Pelaksanaanya dimulai dari cara berjalan, jogging, hingga latihan sebenarnya yang cukup membakar kalori. Melalui aplikasi ini kita akan terbantu menjadwalkan sesi latihan dengan durasi 20-30 menit selama tiga kali per minggunya. 

3. Lumosity Mobile

Walaupun berbayar, aplikasi ini juga menyediakan versi gratis saat pengunduhan baik di smartphone iOS dan Android. Lumosity Mobile merupakan aplikasi yang dirancang oleh ahli neurologis, untuk membantu penggunanya dalam meningkatkan kemampuan kognitif.

Di dalam aplikasi ini tersedia beberapa permainan sederhana, namun menantang untuk dimainkan sebagai pelatihan otak kita. Melalui aplikasi ini kita bisa memonitor perkembangan otak, serta bisa mengatur tingkat kesulitan selama pelatihan di Lumosity Mobile.

4. Zipongo

Untuk aplikasi yang satu ini, membantu kita dalam mengatur pola makan setiap harinya. Yap, aplikasi ini memang dirancang untuk menjaga serta memelihara pola makan kita hingga menyediakan resep makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Bahkan di aplikasi ini juga dapat mendeteksi kecenderungan alergi yang kita idap. Canggih bukan?

Perlu diketahui, aplikasi ini telah dirancang oleh dokter asal Boston Medical Center yang berkolaborasi dengan Fitness Forward, untuk memberikan fitur kemudahan dalam menerapkan pola makan dan gaya hidup sehat.

Untuk mendapatkannya, kamu bisa mengunduhnya di smartphone baik iOS maupun Android.

Empat aplikasi di atas memiliki fungsi dan fitur yang menunjang dalam kesuksesan gaya hidup sehatmu. Yuk hidup lebih sehat dengan cara yang sederhana dan mudah diakses, hanya dari genggamanmu saja. Semoga bermanfaat ya!