June 28, 2022

Beban Kerja Terlalu Banyak, Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Stresnya?

Bisa dikatakan hampir seluruh orang mengalami yang namanya stres, entah itu stress dengan jangka waktu sebentar hingga stress berkepanjangan. Begitu banyak faktor sebagai pemicu dari munculnya gangguan mental seperti ini, misalnya kebutuhan yang makin hari semakin banyak tapi tidak didukung oleh kemampuan finansial mereka, atau target dalam pekerjaan yang sudah untuk dicapai dan masih banyak lagi.

Pada intinya munculnya stres dari seseorang disebabkan ketidakmampuan dia untuk menghadapi tekanan hidup atau beban hidup yang ada didepan mata.

Merupakan salah satu gangguan dari sisi psikologis, tentu stres tak bisa Anda anggap sepele. Bila tidak segera diselesaikan, makan berpotensi munculnya dampak yang jauh lebih parah,  seperti depresi akut yang bisa berujung aksis bunuh diri. Nah, terkait hal ini. Ada beberapa cara terbaik bagi Anda yang mengalami stres apalagi gangguan ini muncul karena beban kerja terlalu. Lebih lengkapnya silahkan simak ulasan berikut ini.

1.       Perbanyak Minum Air Putih

Tidak sedikit mereka yang melampiaskan rasa stres dengan mengkonsumsi minuman beralkohol sebut saja anggur, bir dan sebagainya. Orang yang melakukan hal tersebut menganggap dengan meminum alkohol bisa dijadikan obat ampuh menghilangkan stres. Faktanya memang minuman beralkohol dapat memberi efek lebih tenang, namun hal ini hanya bersifat sementara waktu. Saat efek dari alkohol hilang, tentu stres akan muncul kembali.

Ketika kondisi tertekan, sebaiknya minumlah air putih setidaknya 8 gelas sehari yang justru bisa meminimalisir ketegangan pada pikiran. Tanpa Anda sadari perasaan stress bisa membuat cairan pada tubuh cepat berkurang yang mana tubuh lebih rentan merasakan letih. Maka dari itu, dengan mengkonsumsi banyak air putih bisa mengatasi tubuh yang mengalami kekurangan cairan. Ketika cairan tubuh terisi kembali, rasa letih perlahan akan menghilang, dan sedikit banyaknya stres bisa berkurang.

2.       Olahraga Rutin

Mungkin Anda akan bertanya-tanya, dalam kondisi stres kok disarankan untuk berolahraga? Karena, dengan melakukan olahraga begitu banyak manfaat yang dirasakan. Selain menyehatkan tubuh, olahraga juga dapat menguatkan jiwa. Kondisi stres adalah salah satu bentuk gangguan mental. Maka dengan olahraga dapat mengurangi kondisi tersebut.

Secara ilmiah bisa dijelaskan bahwa seseorang melakukan olahraga, tubuh secara otomatis akan meningkatkan hormon endorphin yang dapat memberi efek relaksasi terhadap pikiran Tidak hanya itu, berolahraga juga dapat memobilisasi otot, membuka organ paru-paru mengambil oksigen dengan banyak, mempercepat peredaran darah. Dengan begitu, tubuh akan lebih stabil dan sehat.

3.   Menghirup Udara Segar

Saat stress mulai menghampiri, segeralah untuk menyadarinya serta keluar dan cara udara segar. Apabila bertahan pada posisi dan situasi yang monoton tentu tidak akan dapat menghilangkan stres, malah akan semakin buruk. Misalnya, saat sedang pusing dengan pekerjaan yang terlalu banyak Anda tetap melakukannya dengan terpaksa supaya cepat terselesaikan.

Padahal, upaya ini hanya membuat hasil dari pekerjaan Anda tidak optimal. Maka dari itu, pergi ke tempat yang bisa menjernihkan pikiran lalu hirup udara segar meski sebentar, karena udara segar bisa membantu seseorang menenangkan pikiran  sehingga dapat berpikir jernih kembali.

4.   Meditasi

Beberapa riset membuktikan bahwa meditasi termasuk cara ampuh untuk mengatasi stres yang melanda. Meditasi pada prosesnya akan membantu Anda memusatkan perasaan dan pikiran supaya dapat berkonsentrasi serta relaksasi. Hal ini akan membuat pernapasan lebih teratur, tekanan darah dan detak jantung akan kembali seperti sedia kala.

Situasi tersebut pastinya bisa menurunkan hormon stress yang menjadikan tubuh lebih tenang. Dengan bermeditasi sekitar 15 menit dapat memberi dampak yang sama bagi kebugaran tubuh seperti halnya melakukan olahraga 1 jam.

5.   Istirahat dengan Cukup

Ketika tubuh lelah tentu akan semakin sulit menghadapi tekanan yang ada, apalagi untuk mengatasi stres. Maka dari itu, jangka paksa tubuh Anda menjalani aktivitas super padat terus-terusan. Tubuh yang letih karena sedikitnya waktu istirahat bisa menyebabkan konsentrasi tidak memburuk dan tidak mampu menghadapi berbagai macam masalah yang dihadapi.  

Istirahatkan tubuh Anda dengan tidur ideal selama 7 sampai 8 jam per hari. Dengan memiliki waktu istirahat yang cukup ini, dapat meremajakan tubuh yang letih sehingga saat bangun tidur, tubuh serta pikiran Anda akan jauh lebih segar dan bisa menjadi awal mula yang baik untuk menyelesaikan semua permasalahan yang ada.

6.   Menghindari Makanan dengan Karbohidrat Tinggi

Ketika stres banyak orang yang lari ke makanan. Tidak sedikit orang yang mengakui kondisi seperti ini.Sayangnya, dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat tentu sangat tidak dianjurkan meski dalam kondisi tidak stres sekalipun. Makanan dengan tinggi karbohidrat tinggi dapat memicu peningkatan kadar insulin pada tubuh, yang berakibat tubuh akan menjadi rentan lelah serta bad mood yang akan memperparah kondisi stres.