December 3, 2022

Beberapa Skill yang Dibutuhkan di Masa Sekarang

Saat memasuki dunia kerja, kamu tentu harus mempersiapkan diri bersaing dengan orang-orang di sekitar. Supaya tidak kalah dari lainnya, silahkan asah kemampuan atau skill hingga mumpuni. Baik itu hard skill maupun soft skill, penting untuk saling melengkapi supaya perusahaan mau mempekerjakan kamu.  Mengutip dari The Balance Careers, pengertian soft skill adalah kemampuan non-teknikal yang berhubungan dengan cara seseorang bekerja.

Skill tersebut melibatkan cara karyawan memanajemen pekerjaan, bagaimana menyelesaikan masalah, dan cara berinteraksi. Sementara pengertian hard skill yakni kemampuan yang berhubungan dengan suatu pekerjaan tertentu. Hard skill umumnya diasah melalui pengalaman atau pelatihan. Terutama selama berada di bangku pendidikan, pelajari hal-hal akademik dan non-akademik seperti musik, olahraga, dan lain sebagainya.

Walau banyak hal sudah dipelajari, pada kenyataannya itu semua belum cukup untuk menghadapi masa depan. Masih banyak hal di luar sekolah yang penting untuk dikuasai setiap individu. Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas beberapa kemampuan atau skill yang dibutuhkan di masa sekarang hingga di waktu yang akan datang. Mari simak bersama!

Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja

Melalui penelitian World Economic Forum (WEF), pada tahun 2025 nanti diperkirakan ada 85 juta pekerjaan dapat dilakukan oleh manusia dan mesin. Itu berarti persaingan di dunia kerja akan semakin sengit, lapangan pekerjaan pun menyempit, karena bukan hanya harus bersaing dengan sesama manusia namun juga dengan teknologi buatan.

Jika ingin menyelamatkan diri, kamu dituntut agar terus meningkatkan kemampuan dan belajar hal-hal baru. Skill saat ini perlu diperbaharui sesuai permintaan di dunia kerja yang setiap tahun berubah-berubah. Seperti berikut.

1.      Leadership

Leadership adalah kemampuan dalam memimpin, baik terhadap diri sendiri maupun orang lain. Untuk melatih skill ini, kamu perlu memupuk keberanian ketika melihat kesempatan muncul. Kemampuan leadership pun mengharuskan kamu untuk mempunyai banyak pengetahuan, wawasan luas, berani mengambil resiko, mengembangkan pola pikir terbuka, dan memutuskan suatu hal atas dasar kepentingan bersama.

2.      Public Speaking

Skill selanjutnya yang wajib dikuasai oleh setiap individu adalah public speaking? Yakni cara berkomunikasi dalam menyampaikan informasi, pesan, atau cara mempengaruhi banyak orang melalui ucapan. Namun terkadang softskill ini dihindari oleh orang-orang yang merasa malu menjadi pusat perhatian atau mengharuskan mereka untuk berbicara di depan umum.

Sebaiknya kamu mengasah kemampuan public speaking dengan sering-sering berlatih di depan cermin. Pupuk rasa percaya diri terlebih dahulu dan bayangkan dirimu sedang berhadapan dengan suatu kelompok sambil berbicara.

3.      Teamwork

Teamwork atau kerja sama tim sangat dibutuhkan ketika kamu memasuki dunia kerja secara langsung. Soft skill ini harus dikuasai saat melakukan pekerjaan dengan banyak orang. Mengingat masing-masing individu memiliki karakteristik dan latar belakang yang berbeda-beda. Dalam kehidupan sehari-hari, kamu mungkin sudah mengasah teamwork bersama keluarga. Seperti saat membersihkan rumah bersama-sama. Nah, mulai dari sekarang, kuasai teamwork agar mudah bersaing di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.

4.      Manajemen Waktu

Kemampuan manajemen waktu perlu dimiliki pada saat bekerja. Meski tampak mudah, ternyata tak sedikit orang gagal membagi dan mengelola waktunya. Terutama saat dalam kondisi sibuk pada pekerjaan atau ketika ada pekerjaan dalam waktu bersamaan. Untuk melatih skill ini kamu bisa membuat jadwal kegiatan sehari-hari, tambahkan juga waktu istirahat, kapan bekerja, atau bermain agar menjalani work life balance.

5.      Kreatif

Kreativitas telah menjadi modal besar dalam dunia kerja. Seseorang dengan keterampilan ini cukup banyak dicari perusahaan karena memiliki peran yang bisa menyumbangkan ide-ide baru. Meski zaman sudah berubah, soft skill kreatif tidak akan pernah digantikan oleh teknologi. Nah, kamu bisa melatih kemampuan berpikir kreatif secara out of the box. Lakukan banyak riset dan latih mindset yang berbeda dari orang kebanyakan. Hal ini akan memicu kemunculan ide-ide baru di kepala.

6.      Penggunaan Komputer

Komputer seakan telah menjadi makanan sehari-hari para pekerja. Bahkan hampir semua aktivitas pekerjaan saat ini membutuhkan peran komputer untuk menyelesaikannya. Untuk itu, kamu perlu mengasah hard skill penggunaan komputer beserta aplikasi di dalamnya. Pekerjaan pasti akan lebih cepat selesai, efisien waktu dan tenaga, sementara perusahaan akan merasa senang.

7.      Analytical Reasoning

Saat ini ada banyak perusahaan yang sedang mencari tenaga kerja untuk membantu dalam membuat keputusan dan memecahkan suatu masalah yang kompleks. Disebut dengan analytical reasoning, merupakan salah satu kemampuan yang cukup berpengaruh dan akan selalu dibutuhkan seiring perkembangan teknologi informasi.

Bagi para pekerja, penting untuk mengasah beberapa skill di atas jika ingin mempermudah diri bersaing ketika mencari pekerjaan di masa sekarang. Segera belajar dan jangan buang-buang waktu untuk hal tidak berguna. Latih kemampuanmu dengan mengikuti kursus atau pelatihan di dunia kerja.