June 28, 2022

Begini Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Permanen di HP

Saat ini smartphone atau HP merupakan salah satu benda yang menyimpan berbagai data penting dan file. Banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut diantaranya karena lebih praktis saat dibutuhkan. Tak heran beberapa orang mencari tahu bagaimana cara mengembalikan video yang terhapus permanen di HP

Terlebih kini hp merupakan salah satu kebutuhan yang penting bahkan keberadaannya dibutuhkan dalam berbagai aktivitas. Hal ini tak lepas dari perkembangan teknologi yang kini semakin maju. 

Sisi positif dari kemajuan ini adalah dapat membantu memudahkan akses digital sehingga dapat berkomunikasi dengan lancar di dunia maya. Sebaliknya ada pula sisi negatif yaitu adanya pencurian data penting dari suatu perangkat. Hal ini tentunya perlu diwaspadai.

Faktor Penyebab Hilangnya Data Penting di HP

Dengan adanya dampak negatif di atas maka sangatlah penting untuk menjaga keamanan suatu perangkat. Adapun yang menjadi penyebab hilangnya suatu data bukan hanya faktor serangan virus saja. Terkadang faktor lain yang bisa menghilangkan data penting.

Video, dokumen atau foto kenangan dapat hilang disebabkan oleh human error misalnya tidak sengaja terhapus. Jika hal tersebut terjadi maka tidak perlu khawatir karena Anda bisa mencari tahu tentang cara mengembalikan video yang terhapus permanen di hp

Cara yang Tepat Mengembalikan Video yang Terhapus

 

Sumber: https://www.giga.de/

Ponsel dengan menggunakan sistem operasi Android memiliki folder yang digunakan sebagai penyimpanan sementara untuk file yang terhapus. Oleh karena itu video yang terhapus permanen di hp masih bisa dikembalikan dengan catatan dalam jangka waktu tertentu. Selain itu Android juga memiliki sistem backup otomatis. 

Fitur ini cukup penting karena jika aktif maka dapat menyimpan video yang telah terhapus. Berikut ini cara agar video yang sudah terhapus dapat dikembalikan!

Tanpa Menggunakan Aplikasi

Cara ini bisa Anda lakukan di HP Xiaomi, Samsung atau merek lainnya yang memiliki fitur tempat sampah atau folder trush untuk galeri HP. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Galeri HP
  2. Pilih menu Options yang ada di pojok kanan atas.
  3. Pilih menu Trash agar dapat membuka folder tempat sampah. Biasanya folder foto atau video yang terhapus masih tersimpan pada menu ini sebelum nantinya terhapus secara otomatis dalam 30 atau 60 hari. Di beberapa HP ada yang dinamai dengan trash bin, recycle bin dan ada pula yang harus memilih opsi more pada pojok kanan atas dan memilih menu setting.
  4. Pilih video yang akan dipulihkan, bisa memilih satu persatu atau bisa pula mengklik tulisan All pada bagian atas.
  5. Lakukan Restore untuk memulihkan video

Dengan Menggunakan Aplikasi

Selanjutnya cara mengembalikan video yang terhapus permanen di hp dengan menggunakan aplikasi.

  1. Pulihkan dengan ES File Explorer dan Recycle Bin

Umumnya recycle bin digunakan untuk mencegah kehilangan data pada komputer. Namun Anda bisa menemukannya pada aplikasi bawaan handphone android. ES File Explorer merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk menjelajah file yang tersimpan.

  1. Gunakan Aplikasi Dumpster

Aplikasi ini akan secara otomatis memindai dan mencari video atau file yang telah terhapus sebelumnya. Selanjutnya buka menu recycle bin dan pilih video yang akan dipulihkan.

  1. Pulihkan dengan Aplikasi File Recovery

Kegunaan aplikasi ini hampir sama dengan Dumpster. Proses recovery akan muncul setelah aplikasi di download atau diinstal. 

  1. Gunakan Google Drive

Temukan yang sudah terhapus pada folder albums, photos, archive dan trash yang ada di google drive. File dapat disimpan kembali ke dalam galeri HP. 

  1. Gunakan WhatsApp

Aplikasi yang satu ini juga bisa digunakan bukan hanya sekedar untuk berkomunikasi. Untuk menggunakannya bisa dengan cara memilih menu pengaturan lalu pilih opsi cadangan obrolan. Periksa kembali tanggal terakhir obrolan tersebut dicadangkan.

Itulah informasi seputar cara mengembalikan video yang terhapus permanen di HP. Semoga ulasan di atas dapat membantu.