February 7, 2023

Cara Mudah Menghemat Pengeluaran untuk Karyawan Pemula

Bagi kamu yang sedang berusaha untuk merdeka secara finansial, tidak ada salahnya untuk belajar berhemat, terutama bagi kamu yang baru saja menjadi karyawan di suatu perusahaan. Penting untuk mengatur keuangan karena pendapatan akan cair hanya sekali saja dalam satu bulan. Berhemat dan menabung adalah kunci untuk dapat mandiri secara finansial. 

Memang tidak mudah mengatur keuangan, apalagi jika pendapatan kita hanya cukup-cukupan untuk hidup dalam sebulan. Menjadi tantangan tersendiri bagi karyawan pemula untuk mengelola gaji yang berkecukupan, namun kamu tidak perlu khawatir. Kamu tetap dapat hidup berkecukupan di setiap bulannya dan kamu tetap dapat menabung untuk kebutuhan masa depan. Berikut cara mudah menghemat pengeluaran untuk karyawan pemula.

  • Bedakan Antara Kebutuhan dan Keinginan

Cobalah untuk memahami bahwa kebutuhan dan keinginan adalah sesuatu hal yang berbeda. Jika kamu dapat memahami perbedaannya, maka kamu hanya perlu menyusun strategi untuk memprioritaskan kebutuhan sehari-hari terlebih dahulu. Jika kebutuhan kamu telah terpenuhi dan kamu masih memiliki dana yang cukup maka kamu juga perlu self reward dengan memenuhi keinginanmu. Pergunakanlah dana yang cukup untuk memenuhi keinginan yang dapat membuat kamu merasa berharga sebagai manusia. Sebagai karyawan pemula, kamu akan mengalami banyak tantangan dan kendala. Jadi tetap hargai dirimu dengan membeli hal-hal yang kamu sukai atau kamu inginkan.

  • Gunakan Metode 10-20-30-40

Sebagai karyawan baru atau seseorang yang sedang berusaha untuk mandiri secara keuangan (sudah bukan merupakan tanggung jawab orangtua lagi), sebaiknya kamu juga belajar cara memanajemen keuangan kamu sendiri. Kamu akan semakin kritis untuk memperhitungkan segala sesuatunya mulai dari berapa pemasukan kamu hingga berapa dana yang akan kamu keluarkan. Kamu dapat menggunakan metode 10-20-30-40. Metode ini dapat membantu kamu untuk semakin disiplin dalam mengatur keuangan. 

Angka 40 menunjukkan bahwa 40% dari pemasukan kamu akan digunakan untuk kebutuhan hidup seperti biaya makan, transportasi, tagihan listrik, pulsa, dan lain sebagainya. Angka 30 menunjukkan bahwa 30% dari pemasukan kamu dialihkan ke cicilan seperti membayar cicilan sewa rumah, cicilan kendaraan, atau cicilan peralatan untuk kebutuhan wajib. 20% dari pemasukan kamu dapat kamu manfaatkan untuk tabungan masa depan seperti investasi, asuransi, maupun dana darurat sedangkan 10% dari pemasukan kamu dapat kamu manfaatkan untuk kebaikan seperti donasi atau bahkan dapat kamu berikan kepada keluarga kamu.

  • Menabung

Menabung menjadi penting untuk dilakukan demi mempersiapkan kebutuhan yang cukup di masa depan. Menabunglah di rekening yang berbeda dengan rekening pemasukan agar tabungan kamu tidak tercampur dengan keuangan lainnya. Hal ini dapat membantu kamu untuk memantau keuangan dengan lebih rapi. Dengan membiasakan diri untuk menabung sejak dini, maka kebiasaan tersebut akan mengurangi perilaku konsumtif. Kamu akan semakin menghargai uang yang kamu peroleh dengan jerih payahmu. Kebiasaan menghargai uang, akan membuat kamu semakin bijaksana dalam menggunakan uang. Selain itu, dengan menabung kamu akan terhindar dari kebiasaan mengutang kepada orang lain dan harapannya dapat lebih tenang di masa depan atau pun di hari tua.

  • Membawa Bekal ke Kantor

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, mengonsumsi makanan yang dimasak sendiri dan dijadikan sebagai bekal ke kantor dapat menghemat pengeluaran kamu. Cobalah untuk tidak tergiur dengan makanan yang dijual di marketplace atau bahkan di warung makan, hal ini tanpa kamu sadari dapat menguras kantong kamu. Namun tidak ada salahnya sesekali kamu membeli makanan dari luar, hanya saja usahakan untuk tidak menjadikan hal tersebut menjadi sebuah kebiasaan hidup.

Cobalah untuk membiasakan diri membawa botol air minum pribadi. Selain ramah lingkungan, kamu dapat menghemat pengeluaran mengingat harga air yang sadar tidak sadar akan menguras kantong kamu.

  • Menggunakan Transportasi Umum

Memanfaatkan transportasi umum dengan harga yang terjangkau dapat mengurangi pengeluaran kamu. Dengan menggunakan transportasi umum, kamu turut membantu untuk mengurangi tingkat kemacetan, mengurangi emisi gas rumah kaca, serta mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas yang sering dialami oleh pengguna kendaraan pribadi. Dengan memanfaatkan transportasi umum, otomatis kamu juga akan memiliki waktu untuk sedikit berjalan kaki sekaligus olahraga ringan. Mengingat bahwa karyawan kantoran lebih dominan menghabiskan waktu untuk duduk selama delapan jam atau lebih, maka kamu dapat menyeimbangkan tubuhmu antara olahraga dan bekerja seharian. Selain hemat dan membuat badanmu berolahraga ringan, kamu juga dapat memanfaatkan momen menggunakan transportasi umum untuk bersosialisasi dengan para penumpang lainnya.

Dari kelima tips menghemat pengeluaran di atas, semoga kamu dapat menerapkan kebiasaan positif tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat banyak manfaat yang akan kamu rasakan jika sedari dini sudah mulai bertanggung jawab dan disiplin dengan keuangan pribadi kamu. Sebagai karyawan pemula, kamu dapat berhemat sejak hari ini dan nantinya kamu dapat memiliki usaha sendiri dengan modal yang telah kamu tabung sejak muda. Bagi kamu para karyawan kantoran terutama karyawan pemula, konsistensi untuk berhemat akan membantumu menjadi pribadi yang sukses.