December 3, 2022

Cara Mudah Meningkatkan Skill Bahasa Asing

Belajar bagaimana cara meningkatkan skill bahasa asing tentu penting bagi siapa saja. Baik mahasiswa, karyawan, pebisnis, tenaga pengajar, maupun masyarakat umum. Contoh bahasa Inggris yang menjadi bahasa internasional, diperlukan untuk melakukan percakapan dimanapun kamu berada. Mengasah kemampuan bahasa asing juga membantu menunjang karir di perusahaan dan profesi apa pun.

Beberapa perusahaan di Indonesia bahkan menambahkan syarat harus memiliki kemampuan bahasa asing seperti bahasa Inggris, Jepang, Mandarin, dan sebagainya ke dalam kualifikasi untuk para calon karyawannya. Kualifikasi tersebut umum bagi perusahaan yang intens berinteraksi dengan pihak luar, sehingga memerlukan karyawan yang bisa berkomunikasi secara baik.

Langkah-Langkah Sederhana Untuk Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Asing

Sebenarnya tidak harus menjadi karyawan terlebih dahulu untuk memiliki kemampuan bahasa asing. Karena kamu membutuhkannya pada saat bepergian ke luar negeri, berkomunikasi dengan orang luar, serta menambah referensi literatur dan wawasan. Nah, bagaimana cara meningkatkan skill tersebut? Tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Pertama-tama kamu harus punya niat belajar dan ketelatenan. Lalu pelajari beberapa hal berikut.

1.      Membaca Banyak Berita

Perbanyak membaca literatur dalam bahasa asing. Apabila kamu senang mengikuti gosip atau berita, makan coba cari sumber dari situs-situs luar negeri. Kamu bisa menemukan berbagai ebook, novel fiksi, dan komik yang dapat kapan saja dibaca di internet. Secara berbayar atau gratis kalau tidak ingin mengeluarkan uang. Tak masalah jika pada awalnya merasa sulit memahami apa yang dibaca. Terus lakukan hingga kamu mengerti garis besar berita, kalau perlu buka kamus untuk beberapa kata yang tidak diketahui artinya. Lama kelamaan akan terbiasa terhadap pemilihan kata dan struktur kalimat bahasa asing. Lakukan pola membaca seperti ini maka kamu hanya perlu beberapa bulan untuk menguasainya.

2.      Menyimak Percakapan Dalam Film atau Acara TV

Kamu dapat semua hal yang berkaitan dengan bahasa asing di sekitar. Misal dengan menonton film dari luar, coba simak dialognya tanpa terlalu sering membaca terjemahan. Kamu harus memperhatikan kosakata, cara pengucapan, atau penggunaan frase-frase tertentu dalam berbagai konteks. Amati secara keseluruhan, maka kamu akan mendapatkan persepsi yang lebih baik.

Kalau tidak terlalu suka menonton film, kamu dapat menambah perbendaharaan kata dengan cara menerjemahkan lirik lagu-lagu favorit. Tulis lirik lagu di secarik kertas, baca, lalu cari tahu arti kata demi kata. Setelah mengetahuinya kamu akan lebih mudah mengingat dan bisa menggunakan kata-kata bahasa asing dalam percakapan. Coba cara ini agar kemampuanmu terus meningkat.

3.      Belajar Menulis dalam Bahasa Asing

Setelah banyak membaca dan menyimak dialog, langkah selanjutnya adalah belajar menulis dalam bahasa asing. Pemahaman kamu pasti akan lebih meningkat dengan cara ini dan tidak hanya menjadi pengguna bahasa asing pasif. Mulailah berlatih seorang diri dengan menerjemahkan review di blog atau curhatan dalam diary ke bahasa pilihan.

Hiraukan tata bahasa yang masih kacau, itu bisa dipelajari seiring berjalannya waktu. Terpenting adalah kamu berlatih membiasakan diri menggunakan bahasa tersebut, menulis kosakata baru, kemudian menghafalnya. Kamu akan lebih mudah mengevaluasi kesalahan tata bahasa dengan menuliskan rangkaian kalimat ke dalam bahasa asing.

4.      Manfaatkan Media Sosial atau Game

Salah satu cara mudah meningkatkan skill bahasa asing adalah memanfaatkan semua media sosial yang dimiliki. Silahkan atur Twitter, Instagram, Facebook, dan sebagainya ke dalam bahasa asing. Kamu dapat mencari teman-teman dari berbagai negara yang berada di dunia maya untuk saling berinteraksi. Memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mempelajari kosakata baru.

Selain media sosial, coba gunakan game-game model RPG atau tipe game adu strategi yang disertai dialog bahasa asing. Tentu sambil main bisa belajar mengasah kemampuan. Untuk pengaturan bahasa ponsel juga bisa diganti dengan bahasa asing, misal bahasa Inggris. Manfaatkan perangkat tersebut untuk memaksimalkan kemampuan yang dimiliki.

5.      Mempraktekkan Secara Langsung

Meski kamu punya tata bahasa yang baik, itu semua tidak berarti jika tidak pernah dipraktekkan dalam percakapan. Sebab tujuan dari menguasai bahasa asing adalah untuk berkomunikasi, makanya perlu belajar secara lisan. Pertama, coba memulai percakapan yang isinya dimengerti oleh orang lain. Setelah terbiasa, secara otomatis kamu akan belajar berbenah tata bahasa yang digunakan saat percakapan.

6.      Membuat Catatan Kecil

Ketika mendengar atau membaca kosakata baru yang belum diketahui artinya, kamu dapat membuat catatan kecil untuk lebih mudah mempelajari dan mengingat. Tak harus siapkan pensil atau buku, kok. Karena bisa dicatat langsung di note ponsel.

Itulah beberapa cara mudah meningkatkan skill bahasa asing yang diperlukan setiap orang. Jangan menyerah sebelum kamu berhasil menguasainya, ya. Kunci sukses adalah konsisten belajar setiap hari dan setiap memiliki waktu luang. Kalau dengan belajar mandiri rasanya belum cukup, maka coba ikut kursus berbayar. Selamat mencoba.