February 7, 2023

Cara Punya Work Life Balance Supaya Tetap Bahagia Dengan Jadwal Padat

Bagi kelompok usia yang lebih muda dan produktif, masalah terbesar adalah kurangnya kesempatan untuk melakukan hal lain di luar pekerjaan. Setiap kali kamu biasanya menghabiskan waktu di tempat kerja dan di tempat kerja. 

Tentu saja hal ini dapat membuat orang tidak bahagia dan merasa seperti hidup seperti robot, menjalani kehidupan yang sama setiap hari dan hal seperti itu tentunya bisa membuatmu merasa jenuh. Karenanya kamu harus bisa menyeimbangkan antara kehidupan kerja dan pribadi agar mendapatkan kebahagiaan.

Tips agar memiliki work life balance yang bahagia walau jadwal padat

Supaya kamu bisa merasa bahagia dalam menjalani kehidupan setiap hari. Tentunya kamu harus dapat memperoleh work life balance. Berikut dibawah ini adalah tips supaya bisa menyeimbangkan antara kehidupan pribadi dengan pekerjaan.

Menjaga quality time bersama orang-orang tersayang

Cara pertama untuk memperoleh work life balance adalah dengan menjaga hubungan baik bersama orang-orang tersayang. Luangkanlah waktumu untuk sekedar berkomunikasi atau bertukar cerita dengan orang tua, pasangan, sahabat ataupun anak-anak. Dengan adanya quality time bersama sahabat atau keluarga kamu akan merasa mempunyai hidup yang nyata.

Tanpa harus diganggu pekerjaan maupun bisnis yang selalu menyita waktu. Kamu harus ingat bahwa tanpa ada orang-orang tersayang hidupmu tidak akan menyenangkan karena rutinitasmu hanya itu-itu saja. Hal ini tentunya terkadang membuat seseorang merasa jenuh.

Luangkan waktu untuk diri sendiri

Apabila tadi kita sudah membahas tentang quality time dengan orang-orang yang disayangi, berikutnya kamu juga harus meluangkan waktu untuk diri sendiri. Ambillah waktu setidaknya satu kali seminggu untuk memanjakan diri, misalnya seperti pergi ke salon untuk creambath atau bisa juga melakukan staycation dengan menginap di penginapan atau hotel sendiri.

Nikmati pagi hari

Berikutnya adalah dengan menikmati suasana pagi hari setidaknya 5 menit setelah kamu bangun. Hiruplah udara segar, dan berjalanlah di halaman rumah tanpa menggunakan alas kaki, agar kamu dapat menikmati kesegaran udara yang belum terkontaminasi dengan asap kendaraan.

Baru setelahnya kamu mandi kemudian jangan lupa untuk sarapan, karena ketika kamu beraktivitas tentunya tubuh membutuhkan energi untuk melaksanakan semua kegiatan pada hari itu.

Olahraga

Tips selanjutnya supaya memiliki work life balance yang baik adalah dengan berolahraga. Tentu ini memiliki tujuan supaya tubuhmu tetap sehat, selalu berpikiran positif dan merasa bahagia. Lakukanlah olahraga ringan seperti lari pagi atau olahraga yang memang menjadi minatmu selama ini.

Jangan paksa dirimu, harus mengenal batas diri

Menjadi seseorang yang giat bekerja memang merupakan satu hal yang baik, sebab kamu tentunya memiliki tujuan serta target yang harus dicapai. Tetapi kamu harus ingat jika tubuh dan pikiranmu memerlukan istirahat.

Karena itu ketika kamu ingin memiliki work life balance yang baik, jangan pernah memaksakan diri terlalu berlebihan, sebab hal ini bukanlah cara terbaik apabila kamu menyeimbangkan antara kehidupan pribadi dengan pekerjaan.

Ketika kamu memaksakan diri untuk melakukan hal-hal yang di luar batas kemampuan, sudah pasti akan memberikan dampak buruk tidak hanya pada kesehatan tetapi juga pikiran bahkan karirmu sendiri.

Nikmati setiap momen penting

Kadangkala ketika seseorang terlalu sibuk ia menjadi tidak aware atau peduli pada momen-momen penting yang seharusnya tidak dilewatkan. Jadi apabila kamu ingin memperoleh work life balance yang baik, berusahalah untuk tidak pernah melewatkan momen terpenting di hidup kamu.

Contohnya apabila adikmu wisuda, jangan katakan bila kamu sibuk dan tidak bisa datang. Tapi ucapkanlah “aku pasti datang, walau terlambat” atau ketika orang tuamu berulang tahun, buatlah pesta kecil untuk merayakannya.

Tidur dengan baik

Setelah kamu bekerja atau beraktivitas rutin setiap hari tentunya hal yang paling diinginkan adalah mengistirahatkan tubuh. Karena itu ada baiknya ketika memang sudah waktunya pulang ke rumah, jangan buka laptop ataupun ponsel.

Tetapi pergilah ke kamarmu atau mandi dengan air hangat supaya otot-otot di tubuh yang tadinya tegang menjadi rileks, kemudian tidur. Karena ketika seseorang bisa memiliki pola tidur yang baik tentu tubuh juga akan menjadi lebih sehat dan secara pribadi kamu akan merasa dapat melakukan apapun

Bersantai dan bermeditasi

Melakukan meditasi belakangan ini menjadi salah satu pilihan mereka yang selalu disibukkan dengan rutinitas pekerjaan. Jadi kamu juga bisa memilih meditasi guna membuat tubuh serta pikiran menjadi lebih rileks. Selain itu ketika kamu mengikuti kelas meditasi, hal ini juga menjadi salah satu kesempatan untuk memperluas pertemanan yang dapat membuat kamu merasa lebih hidup.

Nikmati pemandanga di depan mata

Ketika kamu telah terlalu sibuk dengan segala pekerjaan yang sedang dilakukan, biasanya tidak akan menyadari dengan apa saja yang melintas. Karena yang terlihat hanyalah ponsel, berkas dan layar laptop/ komputer.

Bahkan, saat ini banyak orang yang walaupun sedang berada diperjalanan, baik berangkat atau pulang kerja yang mereka perhatikan hanyalah ponsel dan memeriksa beberapa email atau membalas chat yang masuk pada aplikasi pesan.

Karena itu, agar kamu memperoleh work life balance, ada baiknya sebelum dan setelah pulang kerja atau melakukan aktivitas rutin. Simpan ponselmu, kemudian nikmatilah hiruk pikuk dari kota tempat kamu tinggal.