August 12, 2022
Fungsi dan Manfaat Meditasi untuk Ketenangan Pikiran

Fungsi dan Manfaat Meditasi untuk Ketenangan Pikiran

Ketika mengalami kondisi stres dan cemas, Meditasi termasuk cara termudah untuk dapat mengatasinya. Meski terlihat duduk berdiam saja, tidak melakukan hal apapun, serta tidak mencemaskan hal apa pun, melakukan meditasi ini ternyata dapat mempengaruhi kebugaran tubuh m baik itu mental dan juga fisik.

Meditasi merupakan latihan agar melahirkan ketenangan pikiran serta tubuh menjadi lebih rileks. Anda dapat melakukan meditasi di mana pun, tanpa menyiapkan alat khusus, yang paling dibutuhkan hanya satu yakni suasana dan lingkungan tenang.

Lantas apa fungsi serta manfaat meditasi untuk pikiran? Berikut ada beberapa macam manfaat dari melakukan meditasi.

1.       Mengurangi stres

Perasaan stres dapat hinggap kapan saja dipikiran di diri seseorang. Ketika stres ini datang, hormon kortisol dalam tubuh kadarnya akan meningkat serta dan tubuh secara alami melepaskan kadar kimia perangsang terjadinya peradangan yang dikenal dengan sitokin.

Hadirnya sitokin pada tubuh ini dapat mengganggu tidur seseorang, tekanan darah meningkat, membuat cemas dan depresi. Akibatnya, Anda lebih mudah terkena berbagai macam penyakit. Tapi kabar baiknya, kondisi tersebut dapat diatasi dengan melakukan meditasi.

2.       Melawan depresi

Terjadi stres berkepanjangan tanpa perawatan dapat berujung dengan depresi. Upaya meditasi ini memberi ketenangan serta kenyamanan sehingga bisa dijadikan sebagai terapi agar dapat melawan depresi yang dialami.

Ada sebuah studi yang mengamati 50 orang wanita serta 20 orang pria diantara mempunyai gangguan depresi. Dimana mereka diminta untuk mengikuti meditasi sekitar 30 menit dan melakukan aerobik sekitar 30 menit dilakukan selama 8 minggu.

Kemudian hasil membuktikan gejala depresi mengalami pengurangan sampai 40%. Mereka jadi jauh lebih mampu dalam mengatasi masalah serta mengendalikan diri agar tidak ada kecemasan atau memikirkan hal-hal yang negatif.

Fungsi dan Manfaat Meditasi untuk Ketenangan Pikiran

3.       Meningkatkan kualitas tidur

Depresi, stres dan rasa cemas dapat membuat seseorang susah tidur. Dimana kondisi mental begitu buruk ditambah tubuh kurang istirahat tentu akan membuat keadaan semakin parah. Meskipun dapat diatasi dengan mengkonsumsi obat tidur, mengkonsumsi pil kerap menimbulkan efek samping lain yang sangat beresiko. Maka dari itu, melakukan meditasi dipercaya sebagai cara teraman untuk bisa mengatasi kesusahan tidur atau insomnia.

Tidak sedikit orang yang insomnia, setelah melakukan meditasi, kualitas tidur mereka kembali dan bisa tertidur lebih cepat ketika malam hari. Hal ini karena dengan melakukan meditasi, bisa membuat pikiran orang jauh lebih tenang, membantu tubuh untuk melepaskan hal-hal negatif, dan jadi rileks sehingga tidur pun bisa nyenyak.

4.       Mengontrol rasa cemas

Siapapun bisa mengalami rasa cemas yang berlebihan. Terdapat studi yang mengamati beberapa peserta yang menerapkan berbagai teknik meditasi yang berbeda-beda untuk dapat mengatasi kecemasan.

Dimana hasilnya menunjukkan, orang yang mengambil kelas yoga dapat mengurangi kadar kecemasan dalam diri. Itu berarti, para peserta lebih mampu untuk mengontrol rasa cemas yang muncul dan bahkan bisa mencegah kecemasan itu datang ke dirinya.

5.       Bantu melawan kecanduan

Penerapan sikap disiplin ketika meditasi bisa membantu seseorang yang mempunyai kecanduan akut terhadap sesuatu hal. Sebuah studi mengatakan ada sekitar 19 orang yang merupakan pecandu alkohol bisa mengendalikan keinginannya untuk mengkonsumsi alkohol sesudah melakukan meditasi.

Hal itu membuktikan bahwa dengan melakukan meditasi dapat membantu para pecandu alkohol untuk bisa mengalihkan perhatiannya saat muncul dorongan ingin memenuhi kecanduannya tersebut. Mereka menjadi lebih tahu bagaimana cara paling tepat untuk bisa mengontrol emosi serta kebiasaan buruk tersebut.

6.       Menurunkan tekanan darah

Jika terjadi tekanan darah tinggi secara medis tentu dapat menimbulkan kinerja jantung lebih keras dalam memompa darah. Alhasil fungsi jantung pun akan semakin buruk serta risiko terjadinya penyakit jantung serius seperti penyempitan pada arteri jantung, stroke, hingga serangan jantung yang mematikan.

Meditasi bisa mengurangi ketegangan di jantung dan membuat tekanan darah lebih stabil. Ketika tubuh melepas ketegangan ini, sinyal saraf akan mengkoordinasi fungsi jantung serta ketegangan di pembuluh darah menjadi lebih terkontrol. Dengan memiliki tekanan darah stabil pada tubuh, tentu akan mempengaruhi kesehatan dan kebugaran secara menyeluruh.

7.       Memperkuat daya ingat

Secara alami jika manusia semakin menua, fungsi otaknya pun akan ikut menurun. Melakukan meditasi yang mana mengkombinasikan gerakan dan nyanyian secara berulang kali bisa melatih tingkat konsentrasi seseorang. Tentu hal ini akan sangat membantu para lansia yang banyak mengalami gangguan dari segi ingatan.

Ada sekitar 12 penelitian telah menunjukkan bahwa program meditasi dapat meningkatkan daya ingat, perhatian serta konsentrasi bagi para lansia atau orang-orang yang sudah berusia lanjut. Nah, manfaat meditas tersebut selain dapat mengendalikan rasa stres, melawan depresi, menghilangkan kecemasan dalam pikiran, mengurangi perasaan kesepian, ternyata juga bisa meningkatkan kinerja atau fungsi otak untuk para orang lanjut usia dengan pengidap penyakit demensia.