December 3, 2022

Investasi yang Cocok Untuk Pekerja Kantoran Bergaji UMR

Berinvestasi untuk pekerja dengan gaji umr memang harus dilakukan karena dengan perkembangan zaman yang membuat semua kebutuhan mengalami kenaikan sangat membuat pengelolaan keuangan semakin memprihatinkan, apalagi jika pekerja berdomisili di kota atau daerah dengan UMR yang kecil. pada dasarnya sebesar apapun gaji yang diterima oleh pekerja akan tetapi tidak memiliki tata kelola keuangan yang baik akan memberikan hasil yang kurang baik, apalagi pekerja yang sering laper mata pada promo-promo atau iklan yang diberikan oleh penjual online yang biasanya berbarengan dengan gajian pekerja, hal ini membuat pekerja juga sangat galau ketika ada promo jika tidak dibeli sangat menggiurkan namun jika dibeli akan merugikan diri sendiri.

Investasi merupakan aktivitas yang dilakukan seseorang untuk menempatkan aset berharga dan sejumlah nominal uang ke dalam suatu perusahan dengan tujuan mendapatkan keuntungan lebih dari nilai aset dan uang yang dimilikinya. biasanya investasi ini secara harfiah disebut menanamkan modal ke pasar yang dikelola oleh perusahaan dengan pembagian keuntungan dalam waktu jangka panjang.

Pada dasarnya investasi untuk pekerja harus sejak dini dan tidak harus memiliki nilai yang besar, Anda bisa mencoba untuk investasi kecil-kecilan seperti membeli saham satu atau dua lot dengan nilai Rp 100 ribu dengan total kapasitas lot 500 lembar saham, namun Anda harus dengan cermat memperhatikan dan mencari informasi nilai saham yang akan diinvestasikan akan membuat keuntungan atau tidak pada jangka waktu yang lama. 

Jenis Investasi Secara Umum

Beberapa jenis investasi yang umum diketahui oleh masyarakat ini mungkin bisa menjadi alternatif untuk pekerja jika ingin mengamankan keuangannya demi masa depan

  1. Saham
    saham merupakan suatu nilai yang diberikan perorangan atau badan usaha ke dalam suatu perusahaan dengan menyertakan nominal uang dan aset yang ditukarkan dengan lot yang tersedia, sehingga pihak pemilik saham akan mendapatkan keuntungan dari perusahaan yang mengeluarkan saham tersebut.

  2. Reksadana
    Reksadana adalah jenis investasi yang paling banyak dimiliki oleh masyarakat umum dan sangat cocok untuk investor pemula, reksadana digunakan untuk menampung aset dan uang dari beberapa investor selanjutnya diinvestasikan ke dalam suatu portofolio oleh manajer investasi.

  3. Emas
    jenis investasi yang sedang naik daun ini sangat cocok untuk investor pemula, karena harga emas yang semakin meningkat setiap tahunnya menjadi salah satu daya tarik masyarakat untuk ikut berinvestasi di logam mulia ini, selain itu investasi emas merupakan investasi paling rendah resikonya daripada investasi jenis lain.

  4. Deposito
    Jenis investasi yang sudah lama ada di dalam perekonomian ini merupakan simpanan dengan pencairan yang paling cepat namun hanya dapat dilakukan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan oleh pihak bank bersama pihak nasabah itu sendiri.

  5. Obligasi
    Jenis investasi ini hanya dikeluarkan oleh korporasi maupun pemerintahan saja, namun obligasi juga tercatat sebagai salah satu komponen dalam bursa efek.

Tips Investasi untuk Pekerja Bergaji UMR

  1. Memilih Tujuan Berinvestasi
    ketika Anda yakin untuk berinvestasi hanya dengan bermodalkan untuk tabungan masa depan tidaklah cukup, Anda harus memiliki arah tujuan kemana investasi ini dituju, misalnya ingin berinvestasi untuk pendidikan anak, membeli aset berupa rumah dan kendaraan, hingga untuk dana pensiun.

  2. Mengatur Gaji dengan Tepat
    ketika Anda ingin berinvestasi harus memiliki perhitungan dalam mengeluarkan sebagian uang yang tidak mengganggu kebutuhan pokok, misalkan simulasinya gaji Anda sebesar Rp 3 juta maka bisa menggunakan sebesar 10% dari gaji untuk diinvestasikan ke dalam beberapa jenis investasi yang Anda minati.

  3. Memilih Sekuritas Dengan Biaya Transaksi Kecil
    Biaya transaksi kepada pialang investasi perlu Anda perhatikan, karena jika terlalu tinggi biaya investasi akan membuat Anda mendapatkan keuntungan menjadi lebih sedikit daripada aset yang Anda investasikan. biasanya sekuritas menetapkan transaksi 0,2% untuk penjualan dan 0,19% untuk pembelian.

Investasi yang Cocok untuk Pekerja Bergaji UMR

1. Reksadana

Dengan investasi melalui reksadana pekerja yang memiliki gaji UMR sangat terjangkau karena reksadana ini memiliki nilai investasi mulai Rp 100 ribu saja, nominal ini yang paling umum di informasikan oleh manajer investasi. Reksadana juga memiliki jenis yang dapat dipilih oleh pekerja

  • Reksadana pasar uang
  • Reksadana pendapatan tetap
  • Reksadana campuran
  • reksadana saham

Masing-masing jenis reksadana diatas pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan, namun rekomendasi untuk pekerja yang berminat untuk berinvestasi di reksadana bisa memilih Reksadana pasar uang, karena memiliki resiko paling kecil.

2. Logam Mulia (Emas)
Investasi yang sedang naik daun dan banyak diminati oleh masyarakat ini, sangat cocok untuk pekerja bergaji UMR, dengan nilai jangka panjang yang selalu naik dan harga pasar emas ini sangat stabil, selain itu investasi emas juga dapat digunakan untuk dana darurat karena sangat mudah dijual maupun dibeli oleh pekerja bergaji UMR.

3. Saham
investasi yang sudah lama banyak masyarakat gunakan untuk menginvestasikan dana dinginnya ke bursa saham dengan membeli lot yang disediakan oleh suatu perusahaan, alangkah lebih baiknya Anda bisa membeli saham dari perusahaan besar dengan lot yang kecil terlebih dahulu, biasanya perusahaan besar memecah lot menjadi banyak supaya dapat dijangkau oleh banyak investor.