December 3, 2022

Jalani Hidup Sederhana yang Menenangkan Dengan Tips Ini

Setiap orang berhak menentukan ingin menjalani hidup yang seperti apa. Hidup dengan kesederhanaan, berkecukupan, atau berlebihan. Semua itu merupakan pilihan masing-masing orang.

Akan tetapi, banyak yang berpendapat bahwa menjalani hidup sederhana justru bisa membuat hidup menjadi lebih tenang dan bahagia. Tak ada lagi perasaan cemas ketika belum bisa mengikuti gaya hidup orang lain. Ini hanya salah satu dari sekian manfaat yang akan kamu dapatkan dengan hidup sederhana.

Lalu, bagaimana caranya jalani hidup sederhana ? Nah, di artikel kali ini kami akan membahasnya secara lengkap.

6 Tips Memulai Hidup Sederhana

Di zaman sekarang kebahagiaan seringkali hanya diukur dari materi. Meski memang tak dipungkiri segalanya pasti butuh uang. Namun bukan berarti kamu tidak akan bisa bahagia karena menjalani hidup sederhan.

Nah, di bawah ini terdapat beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk jalani hidup dengan lebih sederhan.

  • Bahagia Itu Tak Perlu Ikuti Gaya Hidup Orang Lain

Tips yang pertama untuk bisa hidup sederhana yaitu mulailah dengan menjadi diri sendiri. Karena jika kamu terus mengikuti gaya hidup orang lain, maka ini tidak akan ada habisnya.

Kamu akan merasa cemas saat belum bisa lebih dari yang atau setidaknya setara. Untuk itu, mulai saat ini belajarlah menikmati hal-hal kecil dari yang sudah kamu miliki tanpa perlu melihat hidup orang lain.

  • Jangan Pernah Lupa untuk Bersyukur

Salah satu faktor yang bisa menciptakan hidup bahagia dan penuh rasa damai adalah dengan bersyukur. Rasa syukur atas apa yang sudah dimiliki maupun yang pernah atau sedang dialami.

Dengan bersyukur, kamu akan terus berprasangka baik meskipun ada hal buruk yang sedang menimpamu sekali pun. Dan kamu juga bisa belajar menerima apa pun yang ada di hidupmu saat ini. Mustahil kamu bisa mencapai kepuasan batin jika tidak diikuti dengan rasa syukur.

  • Fokus dengan Tujuan Keuangan Jangka Panjang

Cara untuk bisa jalani hidup dengan sederhana selanjutnya yaitu jangan mudah tergiur untuk membelanjakan uang pada sesuatu hal yang tidak banyak memberikan manfaat. Setiap orang pasti memiliki tujuan keuangannya masing-masing, baik itu tujuan jangka pendek maupun jangka panjang.

Maka dari itu, sebaiknya kamu fokus untuk menyisihkan sebagian pendapatan mulai saat ini guna mencapai kebahagiaan di masa depan. Kamu bisa menyimpannya dalam bentuk tabungan maupun investasi. Dan hasil simpanan tersebut bisa digunakan untuk mewujudkan tujuan jangka panjangmu seperti menyiapkan dana pendidikan anak, dana pensiun, modal usaha, dan lain-lain. Apalagi kini hanya dengan modal puluhan ribu saja, kamu sudah bisa berinvestasi.

 

  • Mulai Belajar Atur Keuangan dengan Bijak

Jalani hidup sederhana itu artinya jauh dari hal yang sifatnya berlebih-lebihan. Untuk itu, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu mulai mengatur keuangan bulanan dengan bijak.

Buatlah skala prioritas terlebih dahulu agar kamu bisa tahu mana yang benar-benar dibutuhkan dan mana yang hanya sekedar keinginan. Gunakan parameter mulai dari yang paling penting hingga tidak penting sama sekali. 

Dengan cara ini, kamu bisa menahan ego untuk membeli barang-barang yang tidak berguna dan menghindari sifat boros. Selain itu, keuanganmu pun menjadi lebih sehat dan stabil.

  • Terapkan Hidup yang Lebih Minimalis

Perhatikan barang-barang yang ada di rumahmu, adakah yang sudah tidak terpakai lagi. Mulai dari pakaian, perabotan rumah tangga, maupun elektronik. Jika ada dari barang-barang tersebut yang sudah tidak pernah kamu gunakan lagi, artinya kamu sudah tak membutuhkannya.

Untuk itu, lebih baik barang tersebut dijual atau diberikan ke orang yang lebih membutuhkan daripada hanya memenuhi rumah saja. Selain itu, bebanmu juga akan jauh lebih berkurang dengan menerapkan hidup minimalis. Tak ada lagi rasa kepemilikan terhadap suatu barang yang terlalu berlebihan. 

  • Ubah Pola Pikir dan Tetapkan Tujuan Hidup

Meskipun kamu sudah memiliki niat dan tekad untuk menjalani hidup sederhana, semua akan sia-sia jika pola pikirmu tetap sama seperti sebelumnya. Lalu bagaimana caranya untuk mengubah pola pikir ?

Satu-satunya cara yang efektif yaitu dengan menetapkan tujuan hidup. Coba renungkan kembali apa yang menjadi tujuan hidupmu selama ini. Apakah kerja keras yang kamu lakukan setiap harinya hanya untuk mengejar materi atau justru untuk sesuatu yang lebih bermanfaat ? Pola pikirmu untuk hidup lebih sederhana akan mengikuti, ketika kamu sudah tahu kemana arah tujuan hidupmu. 

Untuk menerapkan cara di atas memang bukan perkara mudah, namun bukan berarti mustahil untuk bisa kamu lakukan. Dan kamu pun tidak akan pernah menyesal dengan menjalani hidup yang lebih sederhana. Siapa sih yang tak ingin hidup bahagia dan penuh ketenangan ? Semoga kamu bisa mulai menerapkan cara-cara di atas ya !