June 28, 2022

Keuntungan Menggunakan Bank Digital Untuk Kehidupan Sehari-hari

Perkembangan bank digital saat ini mengalami kemajuan pesat. Salah satu faktornya adalah inovasi teknologi yang semakin canggih pada smartphone. Pada akhirnya layanan perbankan ini terus bermunculan dan dapat diakses melalui telepon genggam pribadi nasabah untuk menjangkau lebih personal. Lalu apakah yang dimaksud dengan bank digital ?

Mengutip dari Peraturan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) nomor 12/POJK.03/2021 bank digital merupakan Bank Berbadan Hukum Indonesia (BHI) yang menyediakan layanan perbankan dan dilakukan online atau melalui saluran elektronik tanpa kantor fisik kecuali kantor pusat atau bisa juga dengan kantor yang terbatas. Jadi, segala bentuk kegiatan perbankan seperti pembukaan rekening, setor tunai, transfer hingga pengajuan kredit tidak perlu lagi dilakukan di kantor-kantor cabang. Bahkan ketika membutuhkan bantuan customer service sekalipun, kamu tidak harus antre dan bertatap muka karena semua kegiatan perbankan dapat diakses hanya dalam genggaman. 

Layanan tersebut dapat dilakukan oleh bank konvensional yang beralih ke bank digital atau bisa juga berdiri sendiri menjadi bank baru. Munculnya bank-bank digital di Indonesia sudah pasti memiliki banyak keuntungannya terutama untuk kehidupan sehari-hari. Inilah berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan bank digital.

1. Fleksibel

Bank digital akan memudahkan untuk melakukan transaksi perbankan di mana saja dan kapan saja saat kamu butuhkan. Apalagi sekarang ini mulai dari restoran, tempat perbelanjaan, supermarket, hingga hotel sudah menyediakan fasilitas pembayaran dengan sistem QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). 

Sistem tersebut sudah ada di sebagian besar aplikasi bank digital sehingga kamu tidak butuh menyiapkan uang tunai dalam nominal yang besar ketika sedang berpergian. Hanya dengan scan kode QR pada merchant yang memiliki QRIS lalu kamu tinggal memasukkan nominal pembayaran. 

2. Ramah lingkungan

Penggunaan bank digital bisa dikatakan juga termasuk salah satu usaha untuk menjaga lingkungan. Kenapa ? Karena bagaimanapun juga ketika kamu melakukan semua transaksi di kantor cabang maka sudah pasti banyak menggunakan kertas. Contohnya saja saat mengisi formulir maupun ketika kamu ingin membuka rekening baru. Biasanya kamu akan diminta menandatangani sejumlah berkas oleh customer service.

Saat mengambil uang di ATM pun sebagai bukti transaksi, kamu akan menerima struk. Nah penggunaan kertas tidak diperlukan lagi jika menggunakan bank digital karena data nasabah sudah otomatis tersimpan secara digital. Dengan begitu, layanan digital perbankan ini tidak akan menyumbang debit sampah yang semakin menggunung.

3. Banyak reward menarik

Berbagai sektor industri seperti ritel, e-commerce, tempat wisata dan lainnya semakin banyak yang bekerjasama dengan bank digital untuk menawarkan promo menarik. Penawaran diskon, cashback, promo buy 1 get 1 bisa kamu dapatkan dengan melakukan pembayaran melalui bank digital.

4. Dapat diakses 24 jam 

Keuntungan lainnya dari penggunaan bank digital ini yaitu bisa diakses 24 jam non stop. Sehingga ketika kamu mendadak ingin melakukan segala kegiatan perbankan pada malah hari, tinggal buka aplikasi bank digital dan transaksi bisa dilakukan. Jadi kamu tidak perlu menunggu kantor-kantor cabang buka atau harus pergi ke ATM untuk melakukan transaksi. Saat ini kamu pun juga bisa membuka rekening tabungan baru melalui m-banking tanpa terikat oleh tempat dan waktu.

5. Murahnya biaya admin bulanan

Bank digital tidak memiliki kantor fisik selain kantor pusat sehingga tidak akan membutuhkan banyak biaya untuk operasional. Itulah sebabnya pada layanan perbankan berbasis digital ini, biaya admin bulanannya terbilang murah bahkan tidak dikenai biaya sama sekali alias gratis. Beberapa juga ada yang tidak memberikan syarat minimal setoran awal jika ingin membuka rekening baru. 

6. Aman

Bank digital yang sudah berizin resmi akan terjamin keamananya oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, juga sudah dilengkapi firewall sehingga kamu tidak perlu khawatir akan peretasan dan tindak kejahatan lainnya. 

7. Jangkauannya luas

Kemudahan akses bank digital melalui online menjadikan layanan ini jangkauannya luas tidak seperti bank konvensional. Sehingga bisa menjangkau seluruh masyarakat Indonesia di mana pun berada selama terhubung ke internet. Semua bisa melakukan transaksi perbankan tanpa bergantung pada kantor cabanh maupun ATM. 

Itulah tujuh keuntungan menggunakan bank digital untuk kehidupan sehari-hari. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa bank digital adalah sebuah inovasi layanan perbankan yang sangat membantu. Kemudahan bertransaksi dan prosesnya yang cepat sehingga nasabah tidak perlu menghabiskan waktunya untuk pergi ke bank. Tertarik untuk mencobanya? Nah berikut ini daftar bank digital yang sudah memiliki izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yaitu Jenius (Bank BTPN), Jago (Bank Jago),  Digibank (Bank DBS), Motion Banking MNC Bank (BABP), Wokee (Bank KB Bukopin), TMRW (Bank UOB), serta Bank Aladin (BANK).