February 7, 2023

Langkah Mudah Meningkatkan Skill Bahasa Asing

Mungkin kita sering melihat orang yang memiliki kemampuan berbicara bahasa asing sehingga banyak diantara kamu yang iri dan menginginkan untuk bisa berbahasa asing. Namun, tahukah kamu ternyata untuk meningkatkan skill bahasa asing ini kamu bisa belajar secara otodidak di rumah loh. Asalkan kamu memiliki kemauan yang serius dan giat, kamu pasti bisa. 

Mungkin bagi kamu yang baru mulai belajar bahasa asing akan merasa kesulitan dan bertanya – Tanya harus memulainya dari mana dan bagaimana. Setiap harinya pasti kamu mengonsumsi berbagai media seperti membaca postingan di media sosial, membaca berita, nonton video di youtube, instagram, ataupun media sosial lainnya, nonton film, mendengarkan music bahkan mendengarkan podcast. Nah, kamu bisa memulainya dari berbagai media – media yang kamu gunakan loh.

Nah, untuk lebih jelasnya, kamu bisa mengikuti langkah – langkah berikut untuk meningkatkan skill bahasa asing kamu. Simak penjelasan berikut ini. 

  • Konsumsi Media Dengan Bahasa Asing

Saat kamu ingin menonton film, melihat berita di tv, menonton youtube, mendengarkan musik, membaca berita bahkan fitur – fitur di handphone kamu juga usahakan menggunakan bahasa asing yang ingin kamu kuasai. Usahakan kamu sering mencerna bahasa asing yang ingin kamu kuasai setiap hari.

Karena belajar bahasa asing itu penting untuk meningkatkan kemampuan kita terutama untuk portofolio yang sedang kamu tingkatkan. Kamu juga bisa usahakan mengatur kendali di otak kamu untuk mengalihkan dari bahasa Indonesia yang biasa kamu gunakan ke bahasa asing yang akan kamu kuasai.

Jadi segeralah untuk dibiasakan agar kamu bisa mendapatkan suasana, perasaannya, serta logika dalam berbahasa asing. Ketika kamu sudah mencerna semua aktivitas media yang kamu gunakan dengan bahasa asing, dan menjadi suatu kebiasaan di hidup kamu maka akan lebih mudah bagi kamu untuk mempelajari lebih dalam mengenai bahasa asing tersebut. 

  • Jadikan Sebagai Hobi

Ketika kamu sudah menyukai belajar bahasa asing maka kamu akan melakukan segala cara agar bisa berbahasa asing. Diketahui bahwa orang – orang yang suka berbicara bahasa asing dikarenakan ia menyukai sehingga menjadi hobi. Bisa saja ia menyukai negara tersebut, menyukai tradisi sebuah negara, menyukai film – film yang di produksi di negara tersebut atau bahkan bisa saja dikarenakan menyukai orang luar negeri sehingga banyak yang memutuskan untuk belajar bahasa asing dan dijadikan sebagai hobi. 

Ketika kamu sudah menyukai dan hobi melakukan suatu hal maka akan terdorong keinginan untuk terus menerus melakukan hal tersebut sehingga akan sering dipraktekkan dan sering meluangkan waktu untuk hal itu sehingga akhirnya bisa menjadi fasih atau mahir berbahasa asing. Dan untuk terus menerus melakukan pembelajaran bahasa asing, kamu harus menyukainya terlebih dahulu. 

  • Percaya Diri 

Langkah selanjutnya yaitu jangan malu – malu dan mulailah untuk percaya diri. ini juga menjadi modal utama bagi kamu yang akan memulai untuk belajar berbahasa asing. Kamu bisa melakukan praktek dengan orang – orang yang menyukai bahasa asing yang sama dengan kamu.

Saat kamu bingung harus mempraktekkan bahasa asing kepada siapa, kamu bisa mengikuti komunitas bahasa asing untuk memulai praktek berbahasa asing. Atau jika kamu tidak punya banyak waktu untuk melakukan pertemuan dengan sebuah komunitas, kamu juga bisa melakukannya dengan teman onlinemu yang juga memiliki kesukaan yang sama di bidang bahasa asing. Jadi, tingkatkanlah rasa percaya diri kamu untuk bisa berbicara bahasa asing ke orang lain. 

  • Download Aplikasi Belajar Bahasa Asing

Di playstore dan appstore banyak sekali aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk belajar bahasa asing dan aplikasi ini tidak dipungut biaya sedikit pun. Ketika kamu sudah download aplikasi bahasa asing ini, kamu akan diarahkan untuk belajar mengenai penulisan, berbicara bahasa asing serta praktek – prakteknya.

Dengan menggunakan aplikasi, kamu bisa praktek berbicara dan menulis yang hasilnya bisa langsung kamu lihat di aplikasi tersebut dengan skor atau nilai yang kamu dapatkan. Kamu bisa memprediksi seberapa besar skill level bahasa asing yang akan kamu kuasai. 

  • Meniru 

Cara mudah untuk mengingat percakapan bahasa asing adalah dengan menirukan bahasa tersebut, bisa dari film yang kamu tonton, pelajaran yang kamu pelajari di internet, atau bahkan dari podcast – podcast bahasa asing yang kamu tonton. Kamu bisa meniru kalimat – kalimat perbincangan itu dengan mengikuti cara berbicaranya, kata – katanya dan pemilihan kata yang dipakai. Lama kelamaan otak kamu akan mengumpulkan kata – kata bahasa asing ini dan akan keluar dengan sendirinya. 

Nah itulah beberapa langkah awal yang bisa kamu lakukan untuk memulai belajar bahasa asing, kamu tidak perlu untuk memikirkannya lebih keras, namun mulailah untuk mencobanya dari sekarang. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.