June 28, 2022
rumah baru

Perlahan Tapi Pasti, Ini Dia Tips Mengisi Perabotan Rumah Baru Supaya Tidak Boros

Kabar bahagia untuk kamu yang membaca artikel ini. Yap, artinya kamu sudah mampu mandiri secara finansial, sehingga berhasil membangun rumah pertamamu. Memang membangun rumah bukanlah perkara mudah. Selain membutuhkan ketercukupan uang, dibalik rumah seseorang menyimpan cerita yang intim dari pemiliknya.

Berbicara soal rumah baru, memang nggak ada habisnya. Apalagi soal perabotan yang perlu dibeli untuk mengisi kekosongan rumah. Nggak boleh asal lho, untuk menentukan barang-barang yang akan kita beli. Karena kalau tidak ada perencanaan, bisa-bisa kalap, dan menghamburkan banyak uang untuk hal yang tidak berguna.

Tak perlu buru-buru untuk membeli barang, kita bisa melakukannya secara bertahap. Karena kenyamanan rumah adalah hal utama. Sudah sepatutnya kita merencanakan barang-barang yang sesuai dengan kebutuhan dan memiliki nilai fungsional pada ruangan.

Berikut ini merupakan tips mengisi rumah baru yang bisa kamu terapkan, agar konsep rumah idaman dapat direalisasikan.

rumah baru

1. Merancang Desain Interior

Desain interior menjadi poin utama sebelum membeli perlengkapan rumah baru. Kita bisa mengadopsi gaya desain interior terbaru, tentunya perlu disesuaikan juga dengan selera orang yang tinggal di dalamnya.

Contoh desain interior yang sedang hype di kalangan anak milenial misalnya industrial, scandinavian, serta konsep tropis seperti halnya di Bali. Melalui penentuan desain interior ini, kita akan dimudahkan untuk membeli barang perlengkapan yang sesuai tema.

Bila memilih gaya tropis, kita bisa membeli barang dan perlengkapan isi rumah yang didominasi kayu. Pun kita juga bisa menambahkan unsur tanaman segar di dalam rumah, karena desain tropis memiliki orientasi ke luar ruangan.

2. Memiliki Phasing Strategy

Apa itu phasing strategy? Kenapa poin ini diperlukan untuk rumah baru kita? Istilah phasing strategy  bisa diartikan sebagai prioritas utama. Hal ini sangat penting untuk membuat daftar list sebelum membeli perabotan rumah baru. Cara ini juga efektif agar kita tidak berperilaku konsumtif saat membeli barang yang sebetulnya tidak bermanfaat. 

Skala prioritas ini hanya bisa diputuskan oleh diri kita sendiri. Hal utama yang perlu diperhatikan adalah ruangan yang tidak memiliki substitusinya di luar ruangan. Contohnya kamar tidur serta kamar mandi.

3. Menyusun Perabotan Agar Enak Dipandang Mata

Bila sudah membeli perabotan rumah, langkah penting yang tidak luput untuk dilakukan adalah menyusun barang di rumah baru kita. Adapun dalam penyusunannya dibagi menjadi tiga bagian. Pertama, barang yang digunakan untuk bertahan hidup seperti tempat tidur, toilet, kulkas, AC, dan lain sebagainya.

Kedua perabotan yang membuat hidup kita nyaman, namun tidak menjadi pokok. Misalnya sofa, televisi, tanaman hias, hingga dekorasi. Lalu untuk tahap terakhir adalah bagian penyempurnaan. Dimana untuk memenuhi kebutuhan ini memakan waktu enam hingga 12 bulan. Untuk pemenuhan di tahap terakhir juga bersifat tersier, jadi nggak perlu buru-buru melengkapi barang di kategori ini.

4. Menyiapkan Opsi

Tips jitu untuk mengisi kebutuhan rumah baru, salah satunya adalah memiliki pilihan ataupun opsi.  Kita bisa melakukannya untuk beberapa hal seperti jenis material, warna, ukuran hingga vendor yang kita percaya.

5. Melakukan DIY ‘Do It Yourself’

Tidak salah bila kita melakukan kreasi untuk mendekorasi rumah baru kita. Mengkreasikan barang juga menjadi alternatif saat kita menemukan masalah dalam mengisi perabotan rumah baru. Misalnya barang yang kita inginkan tidak sesuai, di pasaran tidak dijual, atau justru barang tersebut tidak sebanding dengan bujet yang kita punya.

Kamu pun tidak perlu khawatir, karena video-video tutorial untuk berkreasi sudah banyak kita jumpai di Youtube, ataupun aplikasi video streaming lainnya. Gimana berani coba tidak?

Nah, itu tadi lima tips mengisi perabotan untuk rumah barumu. Mengisi barang-barang di rumah baru adalah pekerjaan seumur hidup alias nggak ada habisnya. Yuk rencanakan perabot rumah baru, dengan tips di atas, semoga bermanfaat ya!