October 3, 2022
Teknik Meditasi Pernafasan untuk Menyembuhkan Pikiran yang Lelah

Teknik Meditasi Pernafasan untuk Menyembuhkan Pikiran yang Lelah

Stres memang sebuah hal lumrah yang kerap terjadi. Akan tetapi bila dibiarkan saja dapat berefek buruk terhadap kesehatan fisik dan mental. Makanya penting untuk segera menanggulangi rasa stress, dengan melakukan sebuah meditasi.

Meditasi adalah sarana relaksasi bertujuan untuk melatih pikiran supaya melepaskan semua beban serta kecemasan di dalam diri. Saat ini meditasi sudah banyak dilakukan oleh orang karena memang banyak manfaat yang didapat setelahnya. Diketahui terdapat beberapa teknik dalam melakukan meditasi yang dapat Anda coba sendiri untuk menghilangkan perasaan stres.

Berikut beberapa teknik meditasi yang bisa Anda coba sendiri di rumah, antara lain:

1.       Meditasi mindfulness

Teknik Meditasi mindfulness adalah salah satu cara bermeditasi yang lebih menantang khususnya untuk para pemula.

Walaupun demikian, meditasi tersebut menjadi salah satu teknik yang sangat bermanfaat bila para pemula mau berlatih dengan teratur. Untuk mereka yang baru saja belajar meditasi, teknik meditasi satu ini tidak membutuhkan alat persiapan khusus atau alat peraga tambahan. Pasalnya meditasi tersebut fokus oleh apa yang ada saja.

2.       Meditasi berjalan

Untuk teknik meditasi berikut ini yang juga berfungsi menghilangkan rasa stress yaitu meditasi berjalan. Melakukan meditasi berjalan ini bisa dengan cepat atau lambat, melakukannya dengan pikiran yang jernih dan bisa ditambah lantunan musik hingga mantra.

Melakukan meditasi berjalan ini sangat berguna untuk orang-orang yang menyukai keaktifan dan sering merasa stres bila dihadapkan dengan keheningan. Karena sistem pemikiran dan kefokusan tiap orang titiknya tidak bisa disamakan, ada yang bisa fokus dengan tetap aktif ada pula yang bisa fokus bila berada dalam kondisi hening.

3.       Meditasi mantra

Teknik selanjutnya yaitu teknik mantra, dimana teknik ini bisa diterapkan untuk orang baru saja mengenal yang namanya meditasi. Karena meditasi mantra tersebut mengkombinasikan beberapa afirmasi positif.

Meditasi mantra sangat cocok untuk orang-orang yang tidak bisa berdiam diri saja. Jadi, apakah Anda salah satu orang yang tidak bisa berdiam diri saja? Maka, teknik meditasi mantra bisa menjadi pilihan untuk dijadikan sebagai sarana penghilang stress dan pikiran negatif lainnya.

Teknik Meditasi Pernafasan untuk Menyembuhkan Pikiran yang Lelah

4.       Meditasi cokelat

Salah satu teknik yang harus dicoba berikutnya yakni teknik meditasi cokelat. Dimana meditasi cokelat merupakan bentuk meditasi atas kesadaran yang sering diterapkan pada kelas pengurangan rasa stress berbasis kesadaran.

Sebenarnya teknik meditasi satu ini sangat cocok bagi para pemula, yang melibatkan macam-macam indera, serta mempunyai manfaat bawaannya untuk menjadikan rasa coklat semakin intens. Memakai cokelat hitam pada latihan kali ini bisa membawa manfaat untuk dapat menenangkan pikiran dan menghilangkan rasa stres dalam diri seseorang.

5.       Meditasi pernapasan

Selanjutnya ada teknik meditasi pernapasan yang merupakan salah satu jenis meditasi yang sangat populer, bahkan hampir semua orang menganggap bahwa meditasi adalah dengan melakukan teknik meditasi pernapasan tersebut, sebab teknik tersebut menawarkan kesederhanaan, kenyamanan dan pastinya kemudahan.

Karena sejatinya, nafas memberi kita kefokusan alami dan tidak mengganggu, namun selalu ada serta melahirkan ritme secara alami. Anda sendiri bisa berlatih dengan menerapkan teknik meditasi pernapasan ini dan melakukannya untuk beberapa waktu, bisa 10 menit sampai satu jam atau lebih lama hingga pikiran Anda terasa lebih tenang dan damai.

6.       Meditasi mandi

Manfaat meditasi adalah untuk dapat menenangkan pikiran dan menghilangkan rasa stres. Nah, teknik meditasi satu ini cukup unik yakni meditasi mandi. Dimana melakukan meditasi mandi ini dengan cara seseorang mandi menggunakan air panas, dan dianjurkan untuk berendam ke dalam air hangat, yang sering dilakukan oleh masyarakat Jepang.

Hal tersebut bisa berfungsi untuk mengendurkan otot-otot yang kelelahan, menciptakan suasana santai, sebagai relaksasi, serta memungkinkan melepas semua rasa stres hingga pikiran jernih kembali.Anda dapat mencoba teknik meditasi mandi tersebut sesaat sebelum tidur. Berendam dengan air hangat sambil bersantai dan rasakan manfaatnya.

7.       Meditasi mini

Untuk Anda yang tidak memiliki waktu luang untuk melakukan meditasi secara penuh maka Anda bisa mencoba untuk melakukan teknik meditasi mini setidaknya dalam waktu sekitar lima menit saja tidak perlu berlama-lama namun tetap efektif dan efisien.

Teknik meditasi mini begitu sederhana serta cocok bagi Anda yang memiliki jadwal super sibuk. Meski dilakukan dalam waktu yang sebentar, meditasi mini juga dipercaya cukup manjur untuk mengurangi dan bahkan menghilangkan perasaan stres dalam diri seseorang.

Nah, dari berbagai macam teknik meditasi di atas dalam upaya menghilangkan rasa stres, manakah teknik yang paling cocok dan related untuk bisa Anda terapkan sendiri dirumah? Jadi, tidak ada alasan untuk Anda tidak bisa mencoba melakukan meditasi karena orang yang sibuk sekalipun masih bisa menggunakan teknik meditasi mini, apalagi yang memiliki waktu luang lebih banyak.