February 7, 2023

Tips Bangun Personal Development  Agar Sukses di Masa Depan

Personal development merupakan pengembangan diri yang baik berupa skill serta kemampuan tertentu atau soft skill yang kamu akan lakukan juga alami dalam kurun waktu yang tidak bisa ditentukan. Misalnya personal development ini kerap dijumpai dalam lingkungan pekerjaan yang dinamis.

Personal development juga tidak hanya mengenai skill atau kemampuan yang kamu miliki tetapi juga tentang kualitas yang ada di dalam dirimu sehingga nantinya dapat membantu kamu menjadi sosok individu yang kesehariannya dan juga dalam perjalanan karir menjadi semakin baik.

Tips untuk membangun personal development

Sebagaimana yang kamu ketahui jika personal development sangat membantu kamu dalam mencapai tujuan dan mampu membuatmu lebih mengenali potensi yang ada di dalam diri, tentunya dengan ada nya hal tersebut dapat membuatmu memasuki proses pendewasaan diri, lebih sukses dan masih banyak lagi.

Berikut adalah tips untuk kamu yang ingin mengembangkan diri atau meningkatkan personal development :

Membangun semangat

Hal penting pertama adalah membangun semangat atau motivasi. Ini supaya kamu mengetahui dan mengenali apa yang kamu inginkan dalam kehidupanmu, misalnya target, visi dan misi, serta cara untuk memperolehnya. Apabila sudah mengetahuinya, kamu dapat memulai dengan mencoba merealisasikannya agar menjadi nyata.

Bila ada, maka jangan pernah membiarkan masa lalu yang kurang menyenangkan menjadi penghambat kamu untuk meraih kesuksesan. Kamu harus ingat, hidup terus itu berjalan. Kamu tidak bisa mengulang yang sudah berlalu, karena itu jadikanlah hal tersebut sebagai awal dirimu berkembang ke arah yang lebih baik.

Mampu mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan diri

Salah satu bentuk dari pengembangan diri adalah mampu mengidentifikasi apakah kamu mengenali kelemahan dan kekuatan dalam diri sendiri, serta mengupayakan apapun secara lebih realistis. Jadi, janganlah kamu malu untuk mengakui kelemahan yang dimiliki atau menghindarinya secara berlebihan.

Karena itu, sembari mengenali diri sendiri, cobalah untuk membuat daftar yang berisi kelemahan dan kelebihan kamu. Bila kamu bingung atau tidak mengerti, bertanyalah kepada orang tua, saudara atau sahabatmu, supaya memperoleh pendapat objektif. Ingat! Kamu tidak boleh mencoba menghindar.

Ketika sudah memperolehnya, kamu bisa mengevaluasi diri sendiri. Dengan mengenali kekurangan, maka nantinya kamu dapat memperbaiki dirimu supaya menjadi lebih baik dan saat mengetahui kelebihanmu, maka kamu bisa lebih percaya diri dan mengasahnya.

Fokus pada pekerjaan

Personal development dapat dimulai dengan berfokus pada pekerjaan atau aktivitas tertentu. Karena kamu bisa lebih berkonsentrasi, kita pasti akan memahami lebih banyak hal, bahkan mungkin menyumbangkan hal-hal yang membantu mengembangkan keterampilan.

Serta meningkatkan motivasi untuk bekerja di bidang yang kita geluti. Jika kamu telah berkarir di bidang pemasaran sejauh ini, kami fokus pada bidang ini sambil mempelajari perkembangan, seperti contohnya digital marketing. 

Dengan cara yang sama, sebagai penulis, kamu akan mencoba mengembangkan keterampilan menulis kami di bidang yang berbeda, mungkin berbeda, menggunakan bahasa asing atau menulis skenario untuk film atau buku.

Meningkatkan skill

Personal development dapat dicapai melalui peningkatan keterampilan, pelatihan, seminar atau lokakarya yang sesuai dengan karir atau profesi yang ditekuni. Selain itu, kita bisa mengikuti kursus atau pelatihan yang memang sesuai dengan minat atau hobi kamu, meskipun tidak sesuai dengan karirmu.

Berbagai aktivitas di atas bisa mengambangkan berbagai potensi baik di dalam maupun dari orang dan lingkungan baru. Bisa jadi hobi kamu yang dulu berpotensi untuk menjadi profesi yang baru dengan kesuksesan yang lebih tinggi.

Lebih menata gaya serta pola hidup

Organisasi gaya hidup untuk pengembangan diri dapat dicapai melalui penerapan pola/ gaya hidup sehat. Bila kamu cenderung selalu terlambat bekerja yang dikarenakan terlalu sering begadang dan makan makanan yang tidak sehat, hal ini wajar bila kenaikan gaji yang diinginkan tidak diperoleh.

Sebagai langkah awal menuju pola hidup sehat, kamu bisa mencoba bangun pagi, minum air putih 8 gelas sehari, olahraga kurang lebih 20 menit seminggu 3 kali, dan hindari 1 -2 Makanan yang dapat membahayakan kesehatan, seperti junk food atau konsumsi minuman bersoda secara berlebihan.

Mungkin terlihat sepele atau bahkan sulit, namun lama kelamaan hal ini baru hal-hal akan diketahui dan kebiasaan kita akan mempersiapkan kondisi fisik yang lebih siap untuk bekerja dan beraktivitas sehari-hari.

Menjaga hubungan baik

Tips terakhir adalah menjaga hubungan dengan baik, antara kamu dan keluarga, teman kerja, sahabat hingga relasi. Karena hal ini merupakan sesuatu yang penting bagi kamu untuk dapat mengembangkan diri. 

Melakukan interaksi dengan orang banyak tentunya dapat menumbuhkan rasa peduli antar sesama dan mempunyai visi misi yang sama dengan mereka tentunya akan membawa dampak yang positif serta membuat pintu kesuksesan menjadi lebih lebar lagi.